Jumat, 01 April 2022

3.1 Koneksi Antar Materi

 




Semua informasi yang telah disampaikan oleh Instruktur, Fasilitator, PP, maupun teman-teman CGP sangat mendukung dan membangun kepercayaan diri dalam proses pengambilan keputusan. 

Sebagai pemimpin pembelajaran yang mengutamakan kepantingan murid sangatlah penting untuk bisa menjadi pengambil keputusan yang bijak demi kepentingan murid. (Modul 3.1)

Kita menyadari bahwa setiap anak adalah pribadi yang unik karena setiap anak mempunyai kodrat alam dan kodrat alam masing masing dalam Refleksi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (Modul 1.1) yang kemudian kita harus paham tentang Nilai-nilai sebagai Calon Guru Penggerak yang salah satunya adalah sebagai Pemimpin Pembelajaran (Modul 1.2) terkait sekali dengan pengambilan keputusan yang sekarang kita pelajari.

Sebelum mengambil keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran kita perlu untuk menentukan dulu arah atau tujuan dari kita belajar sebagai Calon Guru Penggerak yaitu menentukan Visi Seorang Calon Guru Penggerak (Modul 1.3), tujuan dari menentukan visi ini adalah sebagai tolak ukur keberhasilan CGP nantinya. 

Pada Modul 2, kita diajak untuk melakukan Praktek Pembelajaran yang Berpihak Kepada Murid dengan cara Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalaui Pembelajaran Berdiferensiasi, kemudian kita diajak untuk mengenali dan memahami Pembelajaran Sosial Emosional dan terakhir dari modul ini adalah kita belajar menjadi Coaching yaitu membantu untuk mencari atau menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh Choachee baik itu murid maupun rekan sejawat.

Pada Modul 3, kita belajar sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah yang diawali dengan Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran, kemudian Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dan melakukan Pengelolaan Program Berdampak pada Murid


Tidak ada komentar: